Black Collared Lovebird (Agapornis swindernia)

/
0 Comments


Burung lovebird “kerah hitam” dewasa : Bulu umumnya berwarna hijau, sedikit lebih pucat di bagian kepala dan tubuh bagian bawah, tunggir dan bagian punggung berwarna biru, bulu di bagian bawah sayap berwarna hijau, bulu ekor berwarna hijau; kerah hitam yang sempit dibagian tengkuknya, seluruh leher di bagian kerah berwarna kuning dan kadang-kadang dengan sedikit warna yang memudar; paruh berwarna hitam keabu-abuan; iris berwarna kuning; kaki berwarna kuning kehijauan sampai hitam.

Burung lovebird “kerah hitam” muda : Tidak terdapat kerah hitam atau hanya diwakili beberapa bulu hitam di setiap bagian sisi leher; paruh berwarna abu-abu muda dan pada pangkalnya ada bercak hitam; iris berwarna coklat.

Subspesies  :  Dialam ada tiga subspecies dari Agapornis Swindernianus , antara lain :

1.       A.S. Swindernianus
2.       A.S. Zenkeri
3.       A.S. Emini
Penyebaran lovebird “kerah hitam” : Afrika Barat dan Afrika Tengah.  Lovebird  jenis ini menyebar di ke  berbagai daerah di Afrika yang dilintasi garis ekuator. Spesies ini  mendiami hutan  hutan  di  Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republic Kongo, Republic Demikratik Kongo, Pantai Gading, Equatorial Guinea, Gabon, Ghana, Liberia Dan Uganda. 
Penyebaran tiga  subspesies Agapornis Swindernianus :

1.      A.S. Swindernianus – Liberia , Pantai Gading dan  Ghana 
2.      A.S. Zenkeri – Kamerun , Gbon  dan  Kongo 
3.      A.S. Emini – Republik Demokratik Kongo dan Uganda
Lovebird kerah  hitam ditemukan pada tahun 1820. Nama Swinderen sesuai nama penemunya Theodore Van Swinderem yang  merupakan  seorang  professor dari Belanda dari Universitas Groningen. 

Lovebird jenis ini sering menyembunyikan diri diatas pohon–pohon hutan  dan  lovebird jenis ini merupakan  lovebird yang sangat pemalu. 
 

Lovebird kerah hitam jarang sekali ditangkarkan dikarenakan meraka memerlukan benih ara jenis tertentu atau daging ara sebagai  dasar pakan  utama  sehari  hari mereka, nah  sulitnya  jenis pakan ini menjadi alasan utama sulitnya menangkarkan jenis love bird ini.  

Tanpa terpenuhinya kebutuhan  makanan penting ini mereka biasanya sangat sulit berkembng biak di penangkaran.

Repost from: http://catatan-burung.blogspot.co.id/p/blog-page_44.html 


You may also like

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.